Thursday, September 5, 2019

DHEA'S TRAVEL JOURNEY : HOW TO GET MULTIPLE KOREAN VISA

Annyeong !

So Happy bisa sharing dan cerita lagi untuk prepare perjalanan kali ini, awal nya belum terpikirkan untuk kembali ke Korea di Musim Gugur karena ingin mencari suasana baru yaitu Winter tapi karena hal yang tiba-tiba di rencanakan itu biasa memang lebih realistis terjadi di bandingkan dengan yang direncanakan dari jauh hari. Dari awal tahun 2019 sudah mulai baper melihat postingan Ka Icha dan Ka Anna yang sudah pulang-pergi ke Korea berkali-kali, saat itu Ka Icha juga sempat mengajak aku untuk ikut dengan nya namun karena aku baru saja fokus untuk handle kerjaan sendiri jadi kuputuskan untuk nanti saja di akhir tahun. Singkat cerita, setelah berbulan-bulan kerja tanpa ambil cuti sudah mulai merasa jenuh, kemudian menambahkan bucket list untuk membuat Multiple Visa ke Korea apalagi kalau bukan karena lagi jatuh cinta banget sama yang baru comeback awal tahun BTS dan berencana untuk nonton konser nya di Seoul yang pas banget di bulan Oktober dan tiba-tiba merubah plan untuk buat Birthday Trip again. Bye Winter !



And One Day, lagi ribet-ribet nya kerja di tangah deadline obrolan kecil yang menggelitik dengan Ka Anna yang random "Kangen Liburan ya" lalu tiba-tiba seketika kita pesen tiket pesawat ke Korea untuk bulan Oktober dan ternyata drama di mulai Ka Anna lupa kalau di tanggal kita berangkat ke Korea dia sudah beli ticket untuk menonton Backstreet Boys yang harga nya lumayan loh seharga tiket lol, akhirnya setelah kita discuss untuk reschedule dan finally waktu liburan aku di korea jadi lumayan cukup lama.

Okay, sampai disini dulu intermezzo nya !!

Jadi banyak sekali pertanyaan tentang bagaimana buat Multiple Visa ke Korea ini, sebenarnya mudah sekali karena proses nya ngga ribet apalagi kalau kalian sudah pernah ke korea sebelumnya atau punya visa negera OECD, Wah apa itu? (brb langsung buka Google) atau kalian yang sudah sering-sering baca blog traveler pasti tahu . Negara-negara Anggota OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) – Organisation for Economic Cooperation and Development atau disingkat dengan OECD adalah suatu organisasi internasional yang bergerak di bidang kerjasama ekonomi dan pembangunan. Lebih mudah nya kalian bisa lihat negara-negara nya itu yang sudah maju sekali (Amerika Serikat, Inggris, German dan masih banyak lain nya) 

Nah karena aku sudah pernah visit ke korea tahun sebelumnya, dengan berbekal 1 kali cap Visa Korea dan Visa German di passport lama aku cukup percaya diri untuk datang ke KVAC (Korean Visa Application Center) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 5 jadi kalian tidak perlu datang lagi ke Kedutaan Besar Korea, di KVAC ini loket nya lebih banyak dan lebih mudah karena segala sesuatu nya sudah disiapkan mulai dari form yang akan diisi bahkan mesin photocopy pun sudah tersedia tapi jangan berharap ada mesin cetak foto ya kalian tetap harus bawa masing-masing. Jika kalian butuh bantuan disana pun ada team yang akan membantu kalian.


KVAC adalah perusahaan layanan swasta yang melakukan pekerjaan terkait visa, diizinkan oleh Kementerian Kehakiman Republik Korea sesuai dengan hukum yang berlaku di Republik Korea, namun bukan turunan dari Kedutaan Besar Republik Korea. 

Tugas utama Pusat Aplikasi Visa adalah sebagai berikut:

  1. Mewakili Kedutaan Besar Korea Selatan untuk menerima paspor, dokumen persyaratan aplikasi visa dan dokumen lainnya milik pemohon visa.
  2. Menyerahkan informasi dasar dan informasi tambahan terkait dengan aplikasi visa di portal visa yang dioperasikan oleh Pemerintah Republik Korea.
  3. Menyediakan layanan untuk mewakili pemohon dalam mengajukan dokumen yang relevan (paspor, visa, dokumen lainnya) ke Kedutaan Besar Korea Selatan.
  4. Mewakili Kedutaan Besar Korea untuk menerima pembayaran visa dan layanan aplikasi untuk mengeluarkan visa bagi pelamar.
  5. Memberikan informasi tentang visa dan menyediakan layanan untuk menanggapi pertanyaan melalui situs web Pusat Aplikasi Visa, meja informasi, panggilan telepon, dan email.
  6. Menyediakan layanan apa pun yang diperlukan oleh pemohon visa selain yang disebutkan di atas.
Biaya Aplikasi Single Visa: 196.000 IDR / orang
Biaya Aplikasi Visa Grup: 120.000 IDR / orang
  1. Kelompok wisatawan setidaknya 5 orang dan maksimal 50 orang dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan yang sama. (Pendaftaran grup Visa hanya dapat diajukan oleh agen perjalanan yang terdaftar oleh Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia.)
  2. Biaya visa gratis hingga 30 Juni 2020.
Layanan Pusat Aplikasi Visa

1. Layanan Internet
KVAC memberikan informasi tentang berbagai jenis prosedur aplikasi visa dan visa, dan menyediakan layanan online untuk menjawab pertanyaan atau memeriksa status proses aplikasi visa.

2. Layanan Pelanggan
Untuk kenyamanan pelanggan, KVAC telah menyediakan beberapa meja resepsionis dan petugas untuk memberikan informasi sederhana di pusat. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai informasi perjalanan yang diperlukan untuk mengunjungi Korea dan layanan tambahan untuk aplikasi visa.

3. Hemat Waktu Antrian
KVAC menyediakan layanan berkualitas tinggi, seperti menghemat waktu antrian dengan menggunakan sistem antrian terpisah antara jalur untuk agen perjalanan dan untuk perorangan.

4. Pemantauan Kualitas Layanan
Semua layanan di Pusat Aplikasi Visa dipantau secara real-time untuk mendukung ketepatan pekerjaan dan menyelesaikan setiap masalah darurat.

Wahh Luar biasa kan ! ops tenang ini aku ambil di informasi KVAC langsung dan merasakan experience nya juga sewaktu aku apply visa. Daebakk !!!

Kalian juga bisa berfoto dengan EXO loh di pintu masuk nya hihi :)

Tapi di area dalam agak sedikit dilarang berfoto padahal ada SUPER JUNIOR ~


Okay, Informasi lain nya untuk mengajukan Multiple Visa ini lebih cepat dibandingkan Single Visa, dalam waktu 2 hari kerja aku sudah diberikan konfirmasi kalau Visa aku APPROVED !!

Here's for your information :

Pendaftaran dan Pengambilan Visa
  • Pengajuan Aplikasi Visa : 09.00~11.30
  • Pengambilan Visa : 13.30~16.30
  • Lama Proses Pembuatan Visa : ± 1 Hari Kerja
  • Selama Proses Pembuatan Visa, Paspor tidak boleh dipinjam
Biaya Pembuatan Visa
Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.224.000,-
Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

Kriteria Untuk Mendapatkan Visa Multiple
  • Pernah mengunjungi Republik Korea setidaknya 1 kali
  • Bagi Tour Guide, Dalam 2 Tahun Terakhir Telah Mengunjungi Korea Selatan setidaknya 1 kali
  • Pegawai Negeri Sipil
  • Lulus dari Sekolah atau Universitas yang ada di Korea Selatan (harus menyertakan bukti Ijazah dari Universitas)Suami/IStri yang Merupakan WN Korea Selatan yang berdomisili di Indonesia
  • Suami/Istri dan Anak yang Merupakan Pemegang Visa Multiple Korea Selatan
** Visa Multiple (C-3-9), Berlaku untuk 5 Tahun dengan Masa Izin Tinggal 30 Hari yaaa jadi nanti kalian kalau mau pulang-pergi Korea perlu diperhatikan juga masa tinggal nya, kalau mau tinggal selamanya kalian harus cari suami/istri loh xixixi.

Gomawo chingu sudah mampir ke Blog aku, semoga bermanfaat ya !

Untuk Informasi lengkap nya kalian bisa kunjungi website ini :

  • https://www.visitkorea.or.id/article/korea-visa-application-center-kvac-akan-membantu-warga-negara-indonesia-yang-ingin-mengunjungi-korea-selatan  
  • https://overseas.mofa.go.kr/id-id/brd/m_2710/view.do?seq=748778&srchFr=&srchTo=&srchWord=&srchTp=&multi_itm_seq=0&itm_seq_1=0&itm_seq_2=0&company_cd=&company_nm=&page=1
See you next page 




With Love, 
DM

No comments: