Thursday, January 31, 2013

2013


Happy New Year 2013

“To me, the happiness of those precious memories will be warmer during hard times. For me, hope is a dream that never sleeps”

Selamat Tahun Baru 2013, hari ini adalah hari Selasa 01 Januari 2013. Awal baru di tahun ini, belum tahu pasti sih tahun ini shio nya apa karena untuk menyambut tahun baru ini rasanya FLAT banget hah !! oke dimulai dari beberapa hari setelah perpisahan PPL kembali ke rutinitas seperti biasa, selagi masih belum kembali mengajar dan kuliah di kampus lebih baik menghabiskan waktu liburan di rumah berkumpul bersama keluarga. Ternyata tidak seperti yang aku bayangkan menghabiskan waktu di rumah pun sangat melelahkan dan butuh waktu untuk bersenang-senang, memang di rumah hanya sekedar melakukan pekerjaan rumah dan sedikit punya hobi baru untuk menulis. Anak perempuan satu-satunya di rumah yang harus stronger nih, begitu banyak cerita di tahun ini dan begitu banyak pelajaran berharga yang tidak bisa dilupakan. Mungkin aku masih punya ingatan yangbaik tentang apa yang aku lalui dari awal tahun sampai saat detik-detik aku menuliskan ini, but akan terlalu memakan waktu lama untuk aku narasikan biarkan segala kenangan itu berakar di pikiranku dan menjadi buah pikiran yang cemerlang. KIPS ^^
Tahun 2012 banyak orang yang sekan gusar menghadapi tahun ini karena di tahun 2010 sebuah film yang berjudul sama dengan tahun ini boom !! BOOMING di perfilman dunia. Gimana ngga booming cerita film ini tentang akhir dunia, yaa banyak orang yang berspekulasi kalau itu benar-benar akan terjadi terlepas dari kenyataan ramalan suku maya atau memang itu sudah takdir Masya Allah !! tinggalkan itu sejenak karena aku tidak bersemangat membahas hal itu, yang terpenting hari akhir itu pasti memang akan terjadi tapi jika selama umat manusia masih memegang teguh ajaran dan keyakinan agamanya masing-masing, mungkin ada perpanjangan masa aktif *ops.
Dua bulan di tahun pertama 2012 aku masih disibukkan dengan perkuliahan di semester 5 yang segera berakhir karena saat itu sedang menjelang UAS dan tanpa terasa libur telah tiba horee..horee, masih berkutat dengan beberapa tugas mengenasi study visit “history go to germany” dan bermain sambil belajar alias mengajar di beberapa sekolah dan bimbel sangat menyenangkan untuk saat itu. Waktu bermain dengan teman, dan beberapa kenangan indah masih teringat jelas diingatan, tapi manusia hidup tentunya bukan hanya merasakan kebahagiaan saja karena saat itu aku pun merasa jatuh-sejatuhnya dan sedih ketika nenek “emak” yang selama 20 tahun ini selalu setia dan ada di sampingku telah tiada dan meninggalkan aku serta keluargaku selamnya. Almarhumah adalah Ibu dari mamah yang tinggal bersebelahan dengan aku di rumah, sosok nenek yang selalu jadi nomor satu mengutamakan cucu-cucunya terutama kepada aku dan adikku ryan, mungkin kalau ditanya kepada saudara sepupuku yang lain mereka akan iri karena emak itu sangat baik kepada kami dibanding dengan saudara sepupu yang lain, bahkan anak-anaknya emak (ua,om dan tante) juga sangat baik kepada aku. Mungkin karena kami keluarga yang paling dekat dan yang lain jarang sekali pulang, dari mulai aku kecil sampai kuliah beliau selalu memberikan perhatian yang lebih, selalu membuatkan makanan yang kami suka, selalu mengajak kami pergi belanja, dan setiap emak punya apapun yang bisa di bagi selalu diberikan kepada kami. Walaupun sudah tua, beliau masih tetap semangat untuk tetap pergi ke sawah walaupun hanya sekedar menengok para pekerjanya, ya Allah aku sangat rindu beliau.. semoga arwahnya diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.(mungkin aku akan menulis sebuah bagian untukmu nanti I miss you Grandmom).
            Kehilangan orang yang tersayang memang meninggalkan duka yang teramat dalam dan pedih, ketika mata tak sanggup untuk menatap sosok itu lagi dan hanya bisa mendoakan suapaya senantiasa bahagia di akhirat. Kesedihan yang menyelimuti keluargaku masih belum terhenti ketika Mamah yang waktu itu sedang hamil tua sudah 9 bulan belum juga melahirkan, dokter bilang kalau mamah kondisi psikis dan fisiknya lemah sehingga mempengaruhi kandungannya apalagi saat itu baru saja ditinggal sama emak hmm sebentar-sebentar nangis. Tapi ngga berselang 2 minggu tanggal 27 Februari 2012 akhirnya mamah melahirkan adik baru yang ganteng banget hihihihi “Anugerah Febry Suryawan” hmm ingat banget tuh sehari sebelumnya masih ada di rumah pas tanggal 26 Februari itu balik lagi ke Jakarta dan tanggal 27 pagi bapak udah kasih kabar mamah mau melahirkan huaaaaa panic banget  deh.. mana ada sedikit masalah di kandungannya karena bayinya hampir terlilit tali pusar sehingga mamah harus melahirkan secara sesar. Alhamdulillah sekarang mamah dan si kecil udah sehat dan kita bahagia That’s simple but so hard hihihi.
            Halo semester 6, perkuliahan yang semakin padat dengan tugas-tugas yang semakin menunpuk. Saat itu mungkin aku bisa hampir nangis kalau sudah putus asa stuck ngga bisa ngerjain, sejarah booo sejarah… kalau udah stuck itu rasanya mau teriak teriak robek-robek kertas !!! tapi akhirnya selesai juga dan aku bisa melangkah sampai saat ini tentunya semua itu di selesaikan dan di jalani bukan dilompat hahaha. Moment berharga tahun ini bersama teman-teman sejarah 2009 adalah Kuliah Kerja Lapangan ke Jawa Tengah dan Yogyakarta selama 1 minggun untuk mengkaji Sejarah Mataram Islam, saat itulah kita merasa best friend banget selama udah hampir 3 tahun temenan dan itu moment yang menyatukan kita. Adanya pertemuan pasti ada perpisahan, tapi ini perpisahan sementara menginjak semester 7 dimana kita harus PPL selama hampir 1 semester dan meninggalkan sementara hiruk pikuk kampus. Disamping itu aku pun mendapat kejutan yang besar dan meninggalkan suka duka, akhirnya aku dan kelompok HGTG goal untuk mengikuti study visit ke Jerman Subhanallah dan itu akan kita lakukan di bulan November 2012. Selain itu, akhirnya aku mendapat posisi yang baik di beberapa pekerjaan yang aku suka walaupun tidak bertahan lama tapi aku banyak mendapat teman baru, pengalaman dan relasi baru. Terimakasih Tuhan !!!
            Keluarga, Sahabat dan Pekerjaan adalah hal yang sangat membuat hidupku banyak sibuknya sampai aku lupa kalau aku juga perempuan yang punya perasaan cieeelllaaaahh.. hah, entah harus berkesimpulan apa tentang kisah kasih di tahun 2012 ini, aku cukup bahagia memiliki orang yang sayang dan perhatian kepadaku walau itu dari keluarga dan sahabat tapi memang belum saatnya aku punya kisah sendiri yang seperti orang bilang “dunia milik berdua”
I was never in love with someone else, I never have somebody waiting on me .. cause you were all of my dreams come true and I just wish you knew, I was enchanted and in love with you.
Mungkin masih panjang kisah dan aku pun tidak tahu akan berakhir seperti apa, yang aku tahu aku hanya berusaha mencari seseorang yang baik untuk melangkah bersama di masa depan.
            Wah.. akhirnya kali ini aku berasa menjadi seorang guru nyata, semester ini aku dan beberapa temanku Eldisa, Neng, Ikina dan Rendi akan PPL di SMAN 21 Jakarta Timur. Sangat menyenangkan PPL di sekolah ini bertemu dengan guru-guru yang sangat baik, perhatian dan mau berbagi pengalaman dan terutama anak-anak SMAN 21 yang Cetar Membahana Ulalalal.. I Miss you so much all of my students. Menjadi calon guru yang benar-benar diuji semua kemampuan, kesabaran dan keikhlasan kami dalam melaksanakan tugas di sekolah. Terlepas dari tugas sekolah yang gila-gilaan tapi insya allah itu akan menjadi modal pembelajaran kami untuk terjun menjadi seorang guru yang sesugguhnya. Terimakasih atas bantuan orang-orang terkasih yang telah mensupport PPL kami di SMAN 21 Jakarta.
            Hey I was 21 now !! di tahun ini aku mencapai usia 21 tahun, entah itu bertambah atau berkurang tapi aku berharap dengan umur 21 ini segala sesuatunya menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Being mature !!! tapi sekeras apapun berusaha untuk tegar, aku rasa kenapa semakin cengeng yaa, tahun ini lebih banyak air mata juga yang mengalir atau bisa dibilang kebanyakan galau *HAH brbrrbbrbr.
            History Go To Germany, ini bulan November 2012 dan tidak terasa selama hampir 1 tahun mempersiapkan kegiatan ini akhirnya kami berangkat ke Jerman. Culture Shock dan Culture Lag yup !! bertemu dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia yang memperlihatkan bahwa ternyata kita itu kecil. Banyak mempelajari pola kehidupan mereka dan mendapat pengetahuan tentang pendidikan di Jerman, pengalaman yang paling berharga ya memang tentang kunjungan wisata ketika kami bisa melihat gambaran sesungguhnya peninggalan Eropa seperti yang kami pelajari di Sejarah Eropa Kuno dan Kontemporer. Seperti suatu keajaiban bisa pergi kesana, bertemu dengan banyak teman. Semoga ada kesempatan lain dan aku bisa kembali kesana !! United Kingdom .. wait me,
            Di penghujung tahun ini yang merupakan akhir dari tahun 2012 bukanlah akhir dari perjalanan kehidupan kita, semesta ini masih memberikan kesempatan kita di awal yang baru yaa 2013 semoga menjadi manusia-manusia yang lebih memuliakan akal budinya untuk sesuat hal yang bermanfaat dan kehidupan kita pun menjadi sejahtera. Bukan bahagia dengan banyak uang tapi miskin ilmu, bukan pintar tapi sombong, bukan baik dengan bermuka dua tapi dengan ikhlas, sabar dan jujur.

No comments: