Wednesday, April 8, 2020

IU TOUR CONCERT LOVE POEM IN JAKARTA

Annyeong Uaena,

I lost strength in my legs and drop down
I hope this tears will stop running someday
Someday after this darkness clear up
I hope the warm sunshine dries these tears
Yes someday.. 



Hujan tadi membuat ku ingin menuliskan sesuatu. Ah bukan sesuatu yang membuat hati sedih tapi justru kebalikan nya “Just life we're still good without luck..” Aku masih beruntung memiliki mood yang baik hari ini.  It’s A Good Day, aku ingin menyapa semua Uaena setelah beberapa hari beres-beres kamar aku menemukan kembali semua poster dan merchandise yang aku dapatkan saat menonton konser IU akhir tahun lalu yang menjadi penutup tahun terindah di 2019. Soloist Kpop yang satu ini tidak pernah kehilangan tempat di playlist utama selain BTS, apalagi Noona satu ini merupakan bias dari JK yang selalu malu-malu jika mereka ada dalam satu panggung. Oke, selesai intermezzo nya. 

Let Me Introduce Her
Buat pecinta K-Drama pasti tahu salah satu drama korea yang menjadi debut para remaja-remaja ini hingga sekarang mereka jadi lead di setiap drama yang mereka mainkan, mulai dari “Dream High” yang menjadi drama musical favorit selain para aktor-aktris yang memerankan drama nya juga di dukung dengan cerita dan semua lagu yang menjadi soundtrack di drama ini “perfect all-kill” Lee Ji Eun atau IU yang memerankan Kim Pil Sook sukses membuat penonton jadi terbawa perasaan dengan “Mliky Couple” Wooyoung 2PM. Wah tidak terasa ya itu sudah hampir 10 tahun yang lalu, kemudian setelah itu semua lagu-lagu IU saat comeback selalu aku download dan jadi playlist saat mengerjakan tugas kuliah mulai dari Album Last Fantasy sampai akhir nya pernah aku sempat kehilangan mood dengan IU karena hiatus dengan Kpop. 



Just wait
When we finally meet
If we can stand outside the borders of time
Without stepping on the past
I will dance till I run out of breath

Finally
I'm on my way to meet the reason of my wait
I haven't forgotten, even in my dreams
I couldn't forget, even in my sleep
I will call out your name


Lee Ji-eun lahir 16 Mei 1993 selain dikenal sebagai penyanyi, dia juga memiliki banyak bakat di bidang komponis, aktris, gitaris, penari dan pembawa acara televisi. IU melakukan debut pada tahun 2008, di bawah naungan LOEN Entertainment dengan genre musik K-Pop. Nama panggungnya berasal dari kata "I and You (Aku dan Kamu)" yang melambangkan bahwa "kita" dapat menjadi "satu" melalui musik dan nama penggemarnya disebut dengan U-ana (Uaena), di mana setiap suku kata memiliki arti yang berbeda: "you (kamu)" dari Bahasa Inggris, "ae" adalah Sino-Korea untuk "cinta", dan "na" adalah Bahasa Korea untuk "aku. 


Pernah aku menonton salah satu Episode Knowing Brothers yang menghadirkan IU sebagai bintang tamu, dimana semua host membahas perjalanan karir IU selama 10 tahun merupakan perjuangan yang sangat berat, IU menjadi pembawa acara radio dan televisi, sekaligus berakting. Setelah debut di di drama remaja Dream High dan penampilan kecil di beberapa serial televisi, IU tampil dalam serial You're the Best, Lee Soon-shin, Pretty Man, The Producers, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, My Mister dan Hotel Del Luna sebagai pemeran utama. 

2008: Debut 
IU tampil pertama kali dalam Mnet M! Countdown pada tanggal 18 September 2008 menjadikannya sebagai debut penampilannya sebagai penyanyi profesional. "Lost Child" adalah singel utama dari debut extended playnya Lost and Found, yang dirilis pada 24 September 2008. Untuk album tersebut, IU dianugerahi "Rookie of the Month" . Hmm Jujur aku memang tidak terlalu suka dengan album ini, tapi IU berusaha memberikan yang terbaik. 

2009: Album Pertama
Pada tanggal 16 April 2009, IU meluncurkan album penuh pertamanya, berjudul Growing Up, dengan lagu promosinya, "Boo."Lagu tersebut berjalan baik di KBS Music Bank K-Chart, di chart Mnet M!Countdown, dan bermacam-macam online chart. IU menyanyikan lagu berjudul , "Araro" sebagai soundtrack untuk drama MBC, Queen Seon Duk, dimana dia direkomendasikan oleh Music Director drama tersebut , yang dijuluki olehnya "Clear Tone and Her Lyrical Sensibility”. Pada akhir 2009, IU merekam lagu MC Mong "Love Letter For You (Neoyege Sseuneun Pyeonji)," featuring SHINee's Key sebagai rapper dalam lagu tersebut yang membawa nya mulai dikenal oleh musisi lain. 

2010: Ratu Soundtrack We Got Married dan Mini Album
IU merekam lagu "잔소리" (Nagging / Scolded) bersama 2AM Seulong untuk acara TV We Got Married. Setelah itu, IU dipilih untuk menanyi untuk lagu OST di Drama MBC Road No.1 berjudul "여자라서" (Because I'm A Woman). Kolaborasi lainnya IU termasuk duet dengan Yoo Seung Ho ("사랑을 믿어요" (Believe in Love/Love Request)), Sung Shi Kyung ("그대네요" (It’s You), dan Big Bang Seungri ("I Know"). Wahh IU sekarang sudah mulai jadi Ratu Soundtrack K-drama. IU bekerja sama dengan beberapa musisi Korea Selatan yang paling terkenal dan produser untuk mini album ketiga nya, “REAL,“ yang dirilis December 2010. Album ini merupakan album yang menjadi playlist tambahan saat mengerjakan tugas kuliah loh, genre nya yang pop dan easy listening membuat mood menjadi lebih baik. 

2011: Real+, dan Last Fantasy
IU sering sekali mengcover lagu artis pop lainnya dengan gitarnya dan bersama temannya seperti Thunder dari MBLAQ, SHINee "Juliette," Big Bang "Lies," Super Junior "Sorry, Sorry" dan Girls' Generation "Gee. Saat Lagu IU', "Good Day" melesat naik sebagai lagu nomor 1 pada kuarter pertama mengikuti "Someday" dari drama KBS "Dream High" OST dan lagu balladnya "The Story Only I Didn’t Know" juga menduduki posisi teratas di chart musik Korea menjadi hadiah terbesar IU diawal tahun 2011. Album IU "Last Fantasy", yang dirilis pada 29 November 2011, memperoleh ‘all-kill’ dan semua lagunya secara langsung menduduki semua chart. Last Fantasy album IU yang sangat energic, kalian harus dengan track yang berjudul “Teacher” mengingatkan masa-masa suka dengan senior atau guru di kelas. 

2012: Spring of a Twenty Year Old
Pada awal April 2012 IU mengadakan tur solo pertamanya, "Real Fantasy" yang dimulai bulan Juni. Tur tersebut menampilkan pertunjukan di enam kota berbeda di seluruh Korea Selatan, termasuk Seoul dan Busan. IU merilis album singel bertajuk Spring of a Twenty Year Old pada tanggal. Album ini berisi tiga lagu, salah satunya dibuat sendiri oleh IU. Lagu tersebut berjudul "Peach", Sebuah film musik video bergaya dokumenter berdurasi 26 menit dirilis bersamaan dengan album, menampilkan lagu "Every End of the Day", Film ini berisi cuplikan dari IU saat ia mengunjungi Venice, Italia. Lagu ini sangat indah sekali, kalian bisa membayangkan indahnya kota Venice sambil mendengarkan IU bernyanyi. 

2013: You're the Best, Lee Soon-shin (최고다 이순신), Modern Times, dan Pretty Man (예쁜남자)
Finally IU comeback di Drama Korea di You're the Best, Lee Soon-shin di KBS2 Network. Pada tanggal 16 September 2013, Loen Entertainment merilis dua video teaser untuk album penuh ketiga-nya yang akan datang, Modern Times. Album ini memiliki lagu dari berbagai genre mulai dari jazz, Bossa Nova, Swing dan Latin pop. Selain itu IU juga membintangi Drama Pretty Man dan mengambil peran sebagai Kim Bo Tong. 

Tahun ini IU juga membuat versi repackaged dari Modern Times dengan dua lagu tambahan ("Friday", dan "Crayon"). Lagu Friday ini merupakan lagu yang dibuatnya sendiri dan mendapatkan "perfect all-kill" di chart musik Korea Selatan. Ini adalah kedua kalinya IU mendapatkan "perfect all-kill" untuk tahun 2013, menyusul keberhasilan sebelumnya dengan lagu 'The Red Shoes' pada bulan Oktober. Di Album Modern Times ini IU menunjukkan sisi lain nya yang berbeda, Uaena yang mendengarkan seperti diajak berkeliling ke tahun 70’an denga konsep yang modern. 



2014: A Flower Bookmark
Tidak sampai disitu IU juga merilis album extended-play Korea keenam dan album cover pertama, A Flower Bookmark. Sepanjang tahun 2014, kolaborasi IU dengan seniman lain menghasilkan sepuluh hits teratas: "Not Spring, Love, or Cherry Blossoms" yang menduduki puncak tangga lagu Billboard Korea K-Pop Hot 100, IU menjadi "pemimpin chart sepanjang masa". 

2015–2016: The Producers, Infinite Challenge, Chat-Shire, dan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo 



Pada tahun 2015, dua tahun setelah peran akting terakhirnya, IU membintangi The Producers yang dinobatkan sebagai salah satu serial TV yang paling dinanti tahun ini di Korea Selatan. Jujur aku belum sama sekali menonton ini tapi wajib aku masukkan kedalam list, di dalam drama ini IU membawakan dua lagu dalam karakter tersebut, "Twenty Three" dan "Heart” keduanya kemudian dimasukkan sebagai lagu bonus di album 2015-nya, Chat-Shire

Setelah selesainya The Producers, IU berpartisipasi dalam acara festival musik dua tahunan yang diselenggarakan oleh acara varietas Infinite Challenge, yang dalam acara itu masing-masing penyanyi dan penulis lagu yang berpartisipasi untuk membuat lagu untuk festival tersebut. Proses persiapan dan acara festival ditayangkan selama tujuh episode. Dia dengan Park Myeong-su merekam dan membawakan lagu "Leon" (seperti yang diilhami oleh film Léon: The Professional). Setelah siaran episode terakhir, "Leon" dirilis bersamaan dengan lagu-lagu lain dari festival tersebut sebagai lagu digital dan di album festival resmi. "Leon" mencapai nomor satu di semua tangga musik Korea Selatan saat dirilis. 

Album mini Korea IU ketujuh, Chat-Shire, dirilis secara digital pada tanggal 23 Oktober 2015 sebelum rilis fisiknya pada tanggal 27 Oktober 2015. IU menegaskan kontrol kreatif yang lebih besar pada album tersebut, yang menulis lirik untuk semua tujuh lagu (dan juga dua album bonus album fisik) dan membuat musik untuk lima lagu baik secara individu maupun kolaboratif. Dia juga dikreditkan sebagai produser album. Singel utamanya, "Twenty-Three” menduduki puncak tangga lagu musik nasional setelah dirilis dengan beberapa track album yang juga masuk dalam sepuluh besar. Aku suka sekali lagu ini dan teringat saat IU Comeback, JK juga memposting lagu tersebut untuk menyemangati IU. 

IU telah diakui secara mendalam atas bakat musiknya, bergerak melampaui citra 'adik perempuan imut Korea'. Untuk prestasinya pada tahun 2015, Ize mendaftar IU sebagai salah satu "Persons of the Year", sedangkan GQ Korea menamainya sebagai "Woman of the Year". IU pun membintangi peran utama, Hae Soo, di Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, sebuah adaptasi Korea dari novel Tiongkok Bu Bu Jing Xin yang menjadi film terbaik di akhir tahun ini dimana IU beradu akting dengan pria-pria tampan. Di Film ini IU sangat totalitas berakting dan beberapa episode terakhir selalu penuh dengan air mata. 



2017– 2018 : Palette, A Flower Bookmark 2 dan My Mister
IU menerbitkan album studio keempatnya, Palette di mana ia menjadi penulis lirik utama dan produser eksekutif. Tiga single dari album dirilis sebelumnya "Palette" yang menampilkan G-Dragon dari Big Bang serta dua lagu pra-rilis "Through the Night" dan "Can't Love You Anymore" menjadi lagu yang paling aku sukai, terutama Palette bahkan Billboard mengakui hasil karya IU yang lebih kuat pada album ini dengan mengatakan bahwa album tersebut berhasil meyakinkan pendengar untuk belajar lebih banyak tentang dia dan akhirnya IU bisa membuka jalan untuk kesuksesan yang lebih besar baik di Korea maupun internasional. 



Sudah tradisi kalau Idol termasuk IU merilis album selanjutnya sebagai versi kedua dari A Flower Bookmark 2 seperti sebelumnya, album ini berisi lagu-lagu yang dirilis dari tahun 1960-an hingga awal 2000-an dengan campuran genre seperti folk, retro, ballad dan nu disko. Single berjudul "Autumn Morning” menduduki puncak semua tujuh tangga lagu musik. Selanjutnya IU kembali comeback membintangi TVN's My Mister, memainkan karakter Lee Ji-an dan sampai saat ini aku pun belum memasukkan ke daftar list drama yang akan di tonton hihi. 

Untuk memperingati ulang tahun debutnya yang kesepuluh, IU merilis sebuah single berjudul "Bbibbi" pada Oktober 2018. Majalah Billboard mencantumkan "Bbibbi" di nomor 87 dalam daftar "Lagu Terbaik 2018. IU memulai tur Asia pertamanya, Konser Tur Anniversary ke-10 IU dan sayang sekali saat itu IU belum memasukkan Jakarta sebagai salah satu tujuan tur nya. 



2019 – sekarang: Persona, Hotel del Luna dan Love Poem
IU memulai debut filmnya di serial antologi Netflix Persona., dia memerankan karakter yang berbeda di masing-masing dari empat film pendek yang ditulis dan disutradarai oleh sutradara yang diakui secara kritis Lee Kyoung-mi, Yim Pil-sung, Jeon Go-woon dan Kim Jong-kwan. Dan yang paling tidak kalah sukses IU kembali membintangi drama misteri fantasi Hotel del Luna, yang ditulis oleh Hong Sisters. Dalam drama ini IU kembali tampil dengan anggun dan antagonis, namun di balik semua itu cerita cinta yang disampaikan sungguh membuat hati terkoyak. 



Sebeum menutup akhir tahun 2019, IU merilis Love Poem, pada tanggal 1 November. Namun, ia memutuskan untuk menunda rilis EP hingga 18 November setelah kematian Sulli yang merupakan salah satu sahabat IU. Di tahun ini IU akan kembali membintangi film Dream bersama Park Seo-joon. Disutradarai oleh Lee Byeong-heon, wah tentu nya kita sudah tidak sabar untuk melihat akting nya. Pencapaian terakhir IU dalam mengisi soundtrack juga ada dalam album soundtrack dengan lagu "Give You My Heart" untuk komedi romantis hit Crash Landing on You yang langsung menduduki puncak tangga lagu Melon, Genie, Bugs dan Soribada kurang dari tiga jam setelah rilis. 



IU TOUR CONCERT LOVE POEM IN JAKARTA 



Pertengahan tahun lalu, tepatnya sekitar bulan Agustus sudah terdengar kabar kalau IU akan menggelar konser Love Poem di Jakarta namun tanggal tepat nya belum di infokan, aku hanya bisa memantau berita nya dari Twitter dan sesekali check promotor apakah ada berita terbaru. Sungguh dilematis untuk menentukan untuk bisa menonton konser IU, disamping saat itu sudah merencanakan Oktober – November akan berlibur ke Korea dan menonton konser BTS. Namun, memang kesempatan itu hanya datang satu kali, saat di Korea aku teringat ketika menunggu subway iklan IU akan memulai kick off konser nya di Seoul dan di lanjutkan ke negara Asia lain nya. Saat itu pun aku sudah berniat aku pasti akan menonton nya, dan setelah pulang dari Korea awal November kemudian aku mendapatkan notifikasi bahwa penjualan ticket resmi konser IU akan dibuka tanggal 27 November di Traveloka. Antara senang dan sedih karena untuk urusan ticket war biasanya aku kurang beruntung. 



Hari penjualan ticket pun datang, saat itu aku sedan disibukkan dengan beberapa deadline kerjaan dan notifikasi pembukaan ticket di buka jam 4 sore, karena tidak bisa menemukan link nya, terpikir selintas untuk aku tanyakan kepada team Traveloka yang merupakan salah satu klien ku. Tada, langsung di share link untuk booking ticket nya, hmm masih berharap dapat discount sih lol. Wahh ternyata ini yang nama nya ticket war, harus siap koneksi internet bahkan ketelitian untuk memilih seat yang akan di book. Kepala dan mata hampir pusing karena dalam beberapa detik tempat cepat terisi penuh namun setelah di refresh kosong kembali. Beruntung nya aku langsung book untuk area paling depan setidak nya posisi nya merupkan center dari performance nya nanti. Yes – Click – Payment – Confirmation sampai jumpa tanggal 28 Desember 2019. 



On the day, akhirnya aku pergi menonton sendiri konser ini karena teman ku masih belum memutuskan akan pergi atau tidak. Untuk aku yang memang terbiasa pergi sendiri tidak masalah, hari itu walau dengan keadaan kurang tidur karena siang masih ada meeting di weekend dan masih bisa memejamkan mata satu jam untuk istirahat supaya aku bisa menikmati konser. Hari itu walau aku pergi menonton sendiri tapi Imel, Rani dan Nanda menemani sambil staycation di Sultan Hotel. Open Gate konser di mulai jam 5 sore dan performance akan dimulai jam 7 malam. Para Uaena mengantri dengan tertib sambil membawa banyak merchandise dan beberapa fanbase juga membagikan selebaran untuk project Day 1 juga flute yang bisa mengeluarkan cahaya warna hijau. Nah, setelah memasuki Area tentu nya ada photowall besar yang bisa jadi kenang-kenangan untuk moment ini. 



Memasuki area Tenis Indoor Senayan, semua kursi sudah diatur rapi dan Uaena juga sudah mulai mengisi kursi nya masing-masing dan YES posisi duduk yang aku dapatkan setimpa dengan harga nya haha. Konser di mulai dengan tepat waktu, jam 19.00 VCR IU sudah mulai di tayangkan dan akhirnya IU muncul dengan balutan dress cantik AND I’M CRYING sedekat itu, sejelas itu dan sebagus itu suaranya IU sampai tidak sanggup berkata-kata. Disebelah aku duduk seorang fans IU garis keras yang ternyata dia juga menonton 2 kali hari ini dan besok, selama menonton konser kita saling tertawa dan bahkan menangis bersama. Nah jadi tidak perlu takut kalau pergi sendiri, karena diantara begitu banyak you’re not alone. Dari Mulai Every End of The Day opening song sampai Heart closing song semua lagu dan performance nya sungguh menyenangkan dan Encore yang ditunggu-tunggu pun sampai mengguncang stage. Semua lagu hits yang sebelumnya aku ceritakan diatas yang mencetak “perfect-all-kill” dibawakan oleh IU bahkan soundtrack dari drama terbaru nya Hotel del Luna pun dia nyanyikan dengan wardrobe yang sama mengingatkan pada karakter utama nya Jang-Man Wol. Tiga Jam yang sempurna dan tidak mengecewakan sama sekali semua karena IU, Band, Dancer, Lighting dan Uaena yang membuat hari ini indah. 



If I burst out into laughter, it's you
If I slump down, it's you
If I'm holding something back, it's you
If there is a ringing, it's you.
As I look at you

It's alright if you don't know
Or if you don't find me
It's just that small light that won't go out
Is twinkling and living right here
It lives forever




Source :

Photo took by: 
Dhea Maria Suryawan 



With Love, 





DM 



1 comment:

dhamar said...

have fun dhea semangatt